Memanfaatkan Media Sosial Untuk Meningkatkatkan Produktifitas Dalam
Bisnis
Internet sebagai new
media memberikan dampak positif maupun negatif pada penggunanya.
Keberadaan internet sebagai
new media yang mulai
banyak digunakan masyarakat untuk
berkomunikasi dan untuk keperluan lainnya. Teknologi internet berkembang dengan
pesat telah mengubah pola perilaku, komunikasi, interaksi dan gaya hidup
manusia yang bersifat tradisional. Internet telah menyatukan dunia seakan-akan
dunia tidak mempunyai batas lagi (Situmorang, 2012).
Gambar 1 Lima Negara Asia Pengguna Internet Terbanyak
Sumber : Internet World Stats, 2015
Sumber : Internet World Stats, 2015
Gambar 1 menunjukkan bahwa di Asia, pengguna internet terbanyak adalah China,
sedangkan yang paling sedikit adalah Vietnam. Pada posisi kedua pengguna
internet terbanyak diduduki oleh India dan diikuti posisi ketiga yaitu jepang. Di
Indonesia sendiri, jumlah pengguna internet masih jauh berada dibawah China,
India dan Jepang. Dapat disimpulkan bahwa, sudah banyak masyarakat yang mulai menyadari
manfaat internet dan menggunakannya. Semakin berkembangnya teknologi internet,
maka pengguna inetrnet akan terus meningkat.
Berkembangnya teknologi internet, tidak terlepas dari teknologi
komunikasi yang juga terus berkembang berupa perangkat seluler yang dikenal
dengan telepone cerdas (smart phone). Pengguna internet dengan perangkat
smart phone tersebut, kebanyakan mengakses media sosial baik itu berupa Facebook,
Twitter, Google+ dan lainnya. Para pelaku bisnis menjadikan internet
sebagai peluang untuk memasarkan produk atau jasa mereka, tidak hanya di
Indonesia tapi bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Meningkatnya daya
saing antar pelaku bisnis menuntut para pelaku bisnis untuk meningkatkan,
mendesain ulang dan memodifikasi strategi bersaingnya (Maharani dkk, 2012).
Salah satu faktor untuk menunjang proses
tersebut, dengan sarana penggunaan teknologi informasi salah satunya yaitu
media sosial. Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia memiliki peluang besar
untuk terus berkembang dan memberikan kesempatan usaha bagi mereka yang
menyukai dunia wirausaha (Hasbiansyah dkk, 2015). Peluang memasarkan produk dan
jasa melalui media sosial untuk kedepannya akan semakin diminati masyarakat.
Banyak media sosial yang dapat digunakan para pebisnis untuk
memasarkan produknya, salah satu yang paling banyak digunakan adalah Facebook.
Pada umumnya alasan pebisnis lebih menyukai media sosial Facebook karena, media
ini pengguna internet meluangkan waktu yang cukup banyak setiap harinya, tentu
saja hal ini berpotensi menjadi sasaran bisnisnya (Maryani, 2014). Selain dapat
dijadikan sebagai sarana pemasaran produk, media sosial juga bisa dijadikan
sebagai sarana interaksi dengan pelanggan yaitu melalui iklan yang ditayangkan.
Daftar Pustaka
Habibullah
2013, 'Pemanfaatan Media Sosial Untuk Usaha Kesejahteraan Sosial',
Informasi, Vol. 18, No.
1, diakses 11 Mei 2016,
<http://puslit.kemsos.go.id/jurnal-penelitian/209/pemanfaatan-media-sosial-untuk-usaha-kesejahteraan-sosial.html>.
<http://puslit.kemsos.go.id/jurnal-penelitian/209/pemanfaatan-media-sosial-untuk-usaha-kesejahteraan-sosial.html>.
Hasbiansyah,
O., Maryani, A., Rachmawati, I., Zulfebrigs 2015, 'Pelatihan Pemasaran
Online Dikalangan Pengusaha Kecil Menengah', Prosiding Seminar
Nasional Penelitian dan Pengabdian (SNaPP) bidang Sosial Ekonomi dan Humaniora,
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat, Universitas Islam Bandung (UNISBA),
Bandung, diakses 11 Mei 2016,
<http://prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/1307#.VzKcs9KLTIU>.
<http://prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/1307#.VzKcs9KLTIU>.
Internet
World Stats, 2015, ‘Internet Users in The Top 20 Countries’, Miniwatts
Marketing Group, diakses 19 Juni 2016, <http://www.internetworldstats.com/top20.htm>.
Maharani,
Ali, dan Astuti 2012, ‘Faktor-Faktor Pengaruh Media Sosial Terhadap
Keunggulan Bersaing : Studi Kasus Coffee Toffee Indonesia’, Jurnal
Teknik POMITS, Vol. 1, No. 1, Hal. 1-6, diakses 11 Mei 2016,
< http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/2049/627>.
< http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/2049/627>.
Maryani,
A 2014, ‘Komunikasi Dikalangan Perempuan Pebisnis Online’, Prosiding
Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian (SNaPP) bidang Sosial
Ekonomi dan Humaniora, Lembaga
Penelitian Pengabdian Masyarakat, Universitas Islam Bandung (UNISBA), Bandung,
diakses 11 Mei 2016,
<http://prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/615/pdf#.VzKc09KLTIU>.
<http://prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/615/pdf#.VzKc09KLTIU>.
Situmorang,
J, R., 2012, ‘Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang
Politik, Bisnis, Pendidikan Dan Sosial Budaya’, Jurnal
Administrasi Bisnis, Vol.8, No.1: hal. 73-87, diakses 11 Mei 2016.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar