Assalamualaikum Wr. Wb.
Tulisan
Bagaimana cara agar
kita bisa berkomunikasi dengan efektif ?
KOMUNIKASI
EFEKTIF
TEORI
Berikut ini ada
beberapa teori menurut para ahli yang saya ambil dari berbagai sumber.
Berkomunikasi
efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian
yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang
menyebutnya “the communication is in tune” ,yaitu kedua belah pihak yang
berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan. Menurut Jalaluddin
dalam bukunya Psikologi Komunikasi menyebutkan, komunikasi yang efektif
ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi
sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan
suatu tidakan.
Komunikasi
efektif dipandang sebagai suatu hal yang penting dan kompleks. Dianggap penting karena ragam dinamika
kehidupan bisnis, politik, dll yang terjadi biasanya menghadirkan situasi
kritis yang perlu penanganan secara tepat, munculnya kecenderungan untuk
tergantung pada teknologi komunikasi, serta beragam kepentingan yang ikut
muncul.
Stephen
Covey menekankan konsep kesalingtergantungan (interdependency) untuk
menjelaskan hubungan antarmanusia. Unsur yang paling penting dalam komunikasi
bukan sekadar pada apa yang kita tulis atau kita katakan, tetapi lebih pada
karakter kita dan bagaimana kita menyampaikan pesankepada penerima pesan. Jika
kata-kata atau pun tulisan kita dibangun dari teknik hubungan manusia yang
dangkal (etika kepribadian), bukan dari diri kita yang paling dalam (etika
karakter), maka orang lain akan melihat atau membaca sikap kita. Jadi syarat
utama dalam komunikasi efektif adalah karakter yang kokoh yang dibangun dari
pondasi integritas pribadi yang kuat.
Menurut Stephen Covey, justru komunikasi
merupakan ketrampilan yang paling penting dalam hidup kita. Kita menghabiskan
sebagian besar jam di saat kita sadar dan bangun untuk berkomunikasi. Sama
halnya dengan pernafasan, komunikasi kita anggap sebagai hal yang otomatis
terjadi begitu saja,sehingga kita tidak memiliki kesadaran untuk melakukannya
dengan efektif. Kita tidak pernah dengan secara khusus mempelajari bagaimana
menulisdengan efektif, bagaimana membaca dengan cepat dan efektif,
bagaimana berbicara secara efektif, apalagi bagaimana menjadi pendengar yang
baik. Bahkan untuk yang terakhir, yaitu keterampilan untuk mendengar tidak
pernah diajarkan atau kita pelajari dalam proses pembelajaran yang kita lakukan
baik di sekolah formal maupun pendidikan informal lainnya. Bahkan menurut
Covey, hanya sedikit orang yang pernah mengikuti pelatihan mendengar. Dan
sebagian besar pelatihan tersebut adalah teknik Etika Kepribadian, yang
terpotong dari dasar karakter dan dasar hubungan yang mutlak vital bagi
pemahaman kita terhadap keberadaan orang lain.
Menurut
Thomas Leech dalam bukunya “Say it like Shakespeare”. Ada lima komponen atau
unsur penting dalam komunikasi yang harus kita perhatikan yaitu:
- Pengirim pesan (sender)
- Pesan yang dikirimkan (message)
- Bagaimana pesan tersebut dikirimkan (delivery channel atau media)
- Penerima pesan (receiver)
- Umpan balik (feedback)
Leech menambahkan,
bahwa untuk membangun komunikasi yang efektif, setidaknya kita harus menguasai
empat keterampilan dasar dalam komunikasi, yaitumembaca-menulis (bahasa
tulisan) dan mendengar-berbicara (bahasa lisan).
Jadi demikian beberapa
teori yang disampaikan para ahli tentang komunikasi yang efektif.
MENURUT
PENDAPAT PENULIS
“Teknik berkomunikasi
yang efektif harus dimiliki setiap mereka yang menginginkan kesuksesan”. Saya kurang
setuju dengan pernyataan tersebut, karena menurut pendapat saya, tidak hanya
faktor berkomunikasi yang efektif tapi juga banyak juga factor-faktor yang
mempengaruhi kesuksesan. Tapi tidak dapat di pungkiri bahwa komunikasi sangat
penting, tidak hanya untuk tujuan mencapai kesuksesan tapi juga kita
menggunakan komunikasi dalam sehari-hari seperti kuliah, berbicara dengan orang
yang lebih tua, dll. Lalu, bagaimana cara kita dapat berkomunikasi yang efektif
dengan baik ??, berikut ulasannya menurut penulis :
- Menggunakan bahasa yang dimengerti oleh kedua pihak
Menggunakan bahasa yang
dimengerti oleh kedua pihak merupakan faktor penting untuk berkomunikasi yang
efektif, bagiamana kita dapat berkomunikasi dengan efektif kalau salah satu
pihak (pengirim atau penerima pesan) tidak mengerti bahasa yang kita gunakan.
Jadi, harus menggunakan bahasa yang dimengerti oleh kedua pihak.
- Belajar menjadi pendengar yang baik
Tidak ada salahnya kita
mendengarkan dan menghormati pendapat orang yang bahkan tidak satu pikiran
dengan kita. Kalau kita mendengarkan pendapat orang lain dengan berbicara
dengan lembut, maka orang lain juga akan mendengarkan dan menghormati pendapat
kita.
- Berbicara dengan lembut dan sopan
Hadist
mengatakan : “Jika engkau beriman pada
Alloh dan hari kiamat, maka ucapkanlah perkataan yang baik”.
Kata-kata bijak : “Berkatalah jika ucapanmu membawa kebaikan,
dan diamlah jika ucapanmu membawa keburukan”.
Berbicara dengan lembut
dan sopan agar orang lain tidak tersinggung dengan ucapan kita.
- Berilah kritik dan saran yang bisa memotivasi
Pada saat berkomunikasi
sebaiknya kita juga mengkritik dengan baik dan memberikan saran yang bisa membantu atau memotivasi si penerima
pesan.
- Gerakan tubuh juga penting
Tidak hanya kita pandai
berkomunikasi, tapi juga gerakan tubuh menjadi penunjang berkomunikasi yang
efektif. Contoh : menatap mata lawan bicara dengan waktu yang sesuai, sehingga
lawan bicara tidak merasa di pelototi dan tidak merasa di abaikan.
Demikian
ulasan bagaimana cara kita berkomunikasi dengan efektif, semoga bisa membantu
para pembaca yang ingin meningkatkan komunikasinya. Semoga bermanfaat. Salam
dari penulis :)
REFERENSI
TEORI
URL : https://edoparnando27.wordpress.com/komunikasi-efetif/
Wassalamualaikum Wr.
Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar