Jumat, 27 Maret 2015

Cara Berkomunikasi Dengan Efektif

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tulisan

Bagaimana cara agar kita bisa berkomunikasi dengan efektif ?

KOMUNIKASI EFEKTIF

TEORI

Berikut ini ada beberapa teori menurut para ahli yang saya ambil dari berbagai sumber.

Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya “the communication is in tune” ,yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan. Menurut Jalaluddin dalam bukunya Psikologi Komunikasi menyebutkan, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tidakan.


Komunikasi efektif dipandang sebagai suatu hal yang penting dan kompleks. Dianggap penting karena ragam dinamika kehidupan bisnis, politik, dll yang terjadi biasanya menghadirkan situasi kritis yang perlu penanganan secara tepat, munculnya kecenderungan untuk tergantung pada teknologi komunikasi, serta beragam kepentingan yang ikut muncul.

Stephen Covey menekankan konsep kesalingtergantungan (interdependency) untuk menjelaskan hubungan antarmanusia. Unsur yang paling penting dalam komunikasi bukan sekadar pada apa yang kita tulis atau kita katakan, tetapi lebih pada karakter kita dan bagaimana kita menyampaikan pesankepada penerima pesan. Jika kata-kata atau pun tulisan kita dibangun dari teknik hubungan manusia yang dangkal (etika kepribadian), bukan dari diri kita yang paling dalam (etika karakter), maka orang lain akan melihat atau membaca sikap kita. Jadi syarat utama dalam komunikasi efektif adalah karakter yang kokoh yang dibangun dari pondasi integritas pribadi yang kuat. 

Menurut Stephen Covey, justru komunikasi merupakan ketrampilan yang paling penting dalam hidup kita. Kita menghabiskan sebagian besar jam di saat kita sadar dan bangun untuk berkomunikasi. Sama halnya dengan pernafasan, komunikasi kita anggap sebagai hal yang otomatis terjadi begitu saja,sehingga kita tidak memiliki kesadaran untuk melakukannya dengan efektif. Kita tidak pernah dengan secara khusus mempelajari bagaimana menulisdengan efektif, bagaimana membaca dengan cepat dan  efektif, bagaimana berbicara secara efektif, apalagi bagaimana menjadi pendengar yang baik. Bahkan untuk yang terakhir, yaitu keterampilan untuk mendengar tidak pernah diajarkan atau kita pelajari dalam proses pembelajaran yang kita lakukan baik di sekolah formal maupun pendidikan informal lainnya. Bahkan menurut Covey, hanya sedikit orang yang pernah mengikuti pelatihan mendengar. Dan sebagian besar pelatihan tersebut adalah teknik Etika Kepribadian, yang terpotong dari dasar karakter dan dasar hubungan yang mutlak vital bagi pemahaman kita terhadap keberadaan orang lain.

Menurut Thomas Leech dalam bukunya “Say it like Shakespeare”. Ada lima komponen atau unsur penting dalam komunikasi yang harus kita perhatikan yaitu:
  1. Pengirim pesan (sender)
  2. Pesan yang dikirimkan (message)
  3. Bagaimana pesan tersebut dikirimkan (delivery channel atau media)
  4. Penerima pesan (receiver)
  5. Umpan balik (feedback)

Leech menambahkan, bahwa untuk membangun komunikasi yang efektif, setidaknya kita harus menguasai empat keterampilan dasar dalam komunikasi, yaitumembaca-menulis (bahasa tulisan) dan mendengar-berbicara (bahasa lisan).
Jadi demikian beberapa teori yang disampaikan para ahli tentang komunikasi yang efektif.

MENURUT PENDAPAT PENULIS

“Teknik berkomunikasi yang efektif harus dimiliki setiap mereka yang menginginkan kesuksesan”. Saya kurang setuju dengan pernyataan tersebut, karena menurut pendapat saya, tidak hanya faktor berkomunikasi yang efektif tapi juga banyak juga factor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan. Tapi tidak dapat di pungkiri bahwa komunikasi sangat penting, tidak hanya untuk tujuan mencapai kesuksesan tapi juga kita menggunakan komunikasi dalam sehari-hari seperti kuliah, berbicara dengan orang yang lebih tua, dll. Lalu, bagaimana cara kita dapat berkomunikasi yang efektif dengan baik ??, berikut ulasannya menurut penulis :
  • Menggunakan bahasa yang dimengerti oleh kedua pihak

Menggunakan bahasa yang dimengerti oleh kedua pihak merupakan faktor penting untuk berkomunikasi yang efektif, bagiamana kita dapat berkomunikasi dengan efektif kalau salah satu pihak (pengirim atau penerima pesan) tidak mengerti bahasa yang kita gunakan. Jadi, harus menggunakan bahasa yang dimengerti oleh kedua pihak.
  • Belajar menjadi pendengar yang baik

Tidak ada salahnya kita mendengarkan dan menghormati pendapat orang yang bahkan tidak satu pikiran dengan kita. Kalau kita mendengarkan pendapat orang lain dengan berbicara dengan lembut, maka orang lain juga akan mendengarkan dan menghormati pendapat kita.
  • Berbicara dengan lembut dan sopan

Hadist mengatakan : “Jika engkau beriman pada Alloh dan hari kiamat, maka ucapkanlah perkataan yang baik”.

Kata-kata bijak : “Berkatalah jika ucapanmu membawa kebaikan, dan diamlah jika ucapanmu membawa keburukan”.
Berbicara dengan lembut dan sopan agar orang lain tidak tersinggung dengan ucapan kita.
  • Berilah kritik dan saran yang bisa memotivasi

Pada saat berkomunikasi sebaiknya kita juga mengkritik dengan baik dan memberikan saran yang  bisa membantu atau memotivasi si penerima pesan.
  • Gerakan tubuh juga penting

Tidak hanya kita pandai berkomunikasi, tapi juga gerakan tubuh menjadi penunjang berkomunikasi yang efektif. Contoh : menatap mata lawan bicara dengan waktu yang sesuai, sehingga lawan bicara tidak merasa di pelototi dan tidak merasa di abaikan.

Demikian ulasan bagaimana cara kita berkomunikasi dengan efektif, semoga bisa membantu para pembaca yang ingin meningkatkan komunikasinya. Semoga bermanfaat. Salam dari penulis :) 


REFERENSI TEORI

URL : https://edoparnando27.wordpress.com/komunikasi-efetif/


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar