Jumat, 27 Maret 2015

Pengertian dan Arti Penting Komunikasi

TUGAS

SOAL
  1.  Jelaskan pengertian dan arti penting dari komunikasi ?

PENGERTIAN DAN ARTI PENTING KOMUNIKASI

A. PENGERTIAN KOMUNIKASI

Kata atau istilah komunikasi dari bahasa Inggris “communication”, secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan, ide, gagasan dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.



Jadi menurut pendapat saya komunikasi adalah proses penyampaian pesan, ide, gagasan yang dilakukan orang kepada orang lain atau kelompok kepada kelompok lain dengan bahasa yang dimengerti oleh kedua pihak, biasanya pesan yang disampaikan adalah pesan yang informatif dan dapat menguntungkan penerima pesan. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan tapi juga bisa dilakukan secara non lisan, misalnya dengan menggunkan bahasa tubuh .

B. ARTI PENTING KOMUNIKASI

Komunikasi itu penting, karena merupakan basic instinct dari setiap makhluk hidup. Setiap makhluk punya cara komunikasi masing-masing, setiap manusia pun tak lepas dari cara dia melakukan komunikasi. Kita tak bisa membeda-bedakan bahasa, suku, adat, kebiasaan, tradisi maupun agama karena pada dasarnya berkomunikasi, menyampaikan pesan itu asal dilakukan dengan baik dan benar, serta dalam keadaan saling terbuka, pikiran jernih tanpa sentimen dan perasaan negatif, pasti maksud yang ingin disampaikan dapat diterima.

“Menurut pendapat saya, sudah kita ketahui bahwa manusia diciptakan sebagai mahluk sosial, oleh karena itu dengan cara komunikasi ini kita dapat bersosial dengan orang lain. Komunikasi bukan Cuma terkait dengan bagaimana kita berbicara atau bersosial dengan orang tapi juga komunikasi terlaksana di dalam  organisasi seperti politik, budaya, oraganisasi formal atau non formal. Sudah saya sampaikan di awal tentang pengertian komunikasi yaitu pesan yang disampaikan bersifat informatif yang dapat menguntungkan penerima pesan, menurut pandangan agama ISLAM komunikasi bertujuan bukan untuk menguntungkan tapi tapi lebih mendominasi ke menghubungkan silaturahmi, tidak membedakan suku, budaya, Negara, dan agama komunikasi tetap bisa dilakukan dengan baik selama tidak menyimpang aqidah keagamaan.






REFERENSI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar