Kamis, 19 November 2015

Kritik Jurnal Ilmiah

Kritik Jurnal Ilmiah

Judul         : Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Microsoft Word 2007 Pada Sekolah Dasar Negeri 01 Sukosari Kabupaten Karanganyar

Penulis             : Dyah Ayu Retno Palupi, Gesang Kristianto Nugroho

Sumber            : http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1287, diakses tanggal 19 November 2015 pukul 16:17 WIB.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1.   Masalah pada jurnal ini mengutarakan persoalan bagaimana membangun media pembelajaran interaktif Microsoft Word 2007 bagi siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Sukosari Kabupaten Karanganyar

2.   Rumusan masalah dalam jurnal ini terdapat satu yang seharusnya tidak dijadikan sebagai rumusan masalah karena tidak konsisten dengan judul penelitian

3.   Dalam jurnal ini terdapat Hipotesis, batasan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian secara konsisten

4.   Dalam jurnal ini terdapat landasan teori sehingga menguatkan statemen penulis

5.   Variable bebas dalam jurnal ini adalah media pembelajaran interaktif Microsoft Word 2007

6.   Variable terikat dalam jurnal ini adalah hasil implementasi atau manfaat media pembelajaran interaktif Microsoft Word 2007 terhadap siswa

7.   Desain Penelitian

  • Desain dalam penelitian ini sudah sesuai dalam menjawab rumusan masalah dalam jurnal
  • Populasi dalam jurnal ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Sukosari Kabupaten Karanganyar
  • Dalam jurnal penelitian dijelaskan secara spesifik yaitu dilakukan dengan menggunakan Studi Literatur, Observasi, Wawancara, Analisis, Perancangan, Uji coba, dan Implementasi
  • Analisis dan rancangan sistem sudah tepat dan tergambar jelas bagaimana sistem atau media akan dibuat
  • Dalam penelitian ini tidak dijelaskan dalam pembuatan program media pembelajaran,hal ini tidak sesuai atau tidak terdapat pada Abstrak jurnal
  • Implementasi dalam jurnal penelitian ini tidak dijelaskan secara spesifik bagaimana penggunaan atau implementasi media pembelajaran interaktif ini. Sehingga pembaca tidak bisa mengetahui gambaran yang diusulkan penulis
  • Hasil tampilan pada akhir pembuatan program didefinisan dengan jelas dan sesuai dalam menjawab rumusan masalah penelitian

8.   Percobaan kuisoner yang dilakukan peneliti dengan sampel sebanyak 30 orang, rata-rata lebih dari 90% memberikan nilai positif untuk media pembelajaran interaktif ini

9.   Kesimpulan dan hasil penelitian dalam jurnal ini konsisten

10.  Dilakukan generalisasi dan pembaharuan dalam penelitian ini sehingga berlaku secara umum dan mendapat hasil yang maksimal.



Catatan :

Pada intinya kegiatan pembelajaran interaktif ini lebih banyak dilapangan bagaimana membangun media pembelajaran interaktif sehingga siswa dapat dengan mudah menyerap informasi yang disampaikan guru pengajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar