Kritik
Jurnal Ilmiah
Judul : Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif
Microsoft Word 2007 Pada Sekolah Dasar Negeri 01 Sukosari Kabupaten Karanganyar
Penulis : Dyah Ayu Retno Palupi, Gesang
Kristianto Nugroho
Sumber : http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1287,
diakses tanggal 19 November 2015 pukul 16:17 WIB.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. Masalah
pada jurnal ini mengutarakan persoalan bagaimana membangun media pembelajaran
interaktif Microsoft Word 2007 bagi siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Sukosari
Kabupaten Karanganyar
2. Rumusan
masalah dalam jurnal ini terdapat satu yang seharusnya tidak dijadikan sebagai
rumusan masalah karena tidak konsisten dengan judul penelitian
3. Dalam
jurnal ini terdapat Hipotesis, batasan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat
penelitian secara konsisten
4. Dalam
jurnal ini terdapat landasan teori sehingga menguatkan statemen penulis
5. Variable
bebas dalam jurnal ini adalah media pembelajaran interaktif Microsoft Word 2007
6. Variable
terikat dalam jurnal ini adalah hasil implementasi atau manfaat media
pembelajaran interaktif Microsoft Word 2007 terhadap siswa
7. Desain
Penelitian
- Desain dalam penelitian ini sudah sesuai dalam menjawab rumusan masalah dalam jurnal
- Populasi dalam jurnal ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Sukosari Kabupaten Karanganyar
- Dalam jurnal penelitian dijelaskan secara spesifik yaitu dilakukan dengan menggunakan Studi Literatur, Observasi, Wawancara, Analisis, Perancangan, Uji coba, dan Implementasi
- Analisis dan rancangan sistem sudah tepat dan tergambar jelas bagaimana sistem atau media akan dibuat
- Dalam penelitian ini tidak dijelaskan dalam pembuatan program media pembelajaran,hal ini tidak sesuai atau tidak terdapat pada Abstrak jurnal
- Implementasi dalam jurnal penelitian ini tidak dijelaskan secara spesifik bagaimana penggunaan atau implementasi media pembelajaran interaktif ini. Sehingga pembaca tidak bisa mengetahui gambaran yang diusulkan penulis
- Hasil tampilan pada akhir pembuatan program didefinisan dengan jelas dan sesuai dalam menjawab rumusan masalah penelitian
8. Percobaan
kuisoner yang dilakukan peneliti dengan sampel sebanyak 30 orang, rata-rata
lebih dari 90% memberikan nilai positif untuk media pembelajaran interaktif ini
9. Kesimpulan
dan hasil penelitian dalam jurnal ini konsisten
10. Dilakukan generalisasi dan pembaharuan dalam penelitian ini
sehingga berlaku secara umum dan mendapat hasil yang maksimal.
Catatan
:
Pada
intinya kegiatan pembelajaran interaktif ini lebih banyak dilapangan bagaimana
membangun media pembelajaran interaktif sehingga siswa dapat dengan mudah
menyerap informasi yang disampaikan guru pengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar