Senin, 22 Mei 2017

Etika dan Profesionalisme Teknologi Sistem Informasi - Softskill Tugas 3

Soal
Penjelasan dan contoh pada diagram pada gambar 1!
Jawab

Gambar 1 Diagram Business Plan.

1)   Modal merupakan bagian penting untuk mendirikan dan menjalankan usaha atau bisnis. Jenis modal bisa berupa uang, skill atau keterampilan, pemikiran, tenaga dan lainnya.
2)  Target Market merupakan sasaran pemasaran yang dituju, berupa konsumen organisasi, individu, area atau wilayah, Negara dan lainnya.
3)  Diferensiasi adalah perusahaan mampu menghasilkan produk yang berbeda, unik, spesial dari produk lainnya.
4)  Hiring adalah suatu kegiatan untuk melakukan pengadaan pegawai melalui proses rekruitmen, selection and placement.
5)  Kontrak Kerja adalah suatu perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan dan atau tulisan, biasanya memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban pekerja dan perusahaan.
6)    Proses Pengadaan adalah kegiatan  pemenuhan atau penyediaan kebutuhan dan pasokan barang atau jasa di bawah kontrak atau pembelian langsung untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
7) Kontrak Bisnis merupakan perjanjian pengusaha yang berkaitan dengan bisnisnya, seperti bisnis legal (resmi), kewajiban dan hak pengusaha bisnis dan lainnya.
8)  Pakta Integritas merupakan pernyataan janji bersama atau komitmen sebagai bentuk kesanggupan untuk patuh terhadap ketentuan yang berlaku.

Contoh Bisnis
Bisnis Custom Case Handphone Batik Geek
Usaha ini didirikan oleh dua orang yaitu Afrizal dan Nurlita yang berawal dari mereka ikut dan memenangkan lomba perencanaan bisnis di kampusnya. Hasil hadiah yang dipeoleh itulah yang menjadi modal untuk memulai bisnis mereka. Target pasar pada bisnis ini adalah masih Negara lokal, namun tuturnya mereka sudah beberapa kali mengirim produk custom casenya keluar negeri, seperti Jerman, Belanda, Amerika dan Korea. Custom case yang mereka sangat unik atau berbeda (different), karena case yang dibuat bermotif batik yang bisa dipesan langsung oleh pembeli atau konsumen. Dan tidak hanya motifnya saja yang berbeda, namun juga kualitas bahan yang dipakai adalah bamboo atau kayu, karena hal unik inilah produk mereka sangat disukai konsumen. Mereka memasarkan produk custom case mereka melalui media sosial dan situs web yaitu www.batikgeek.com.

Soal
Model pengembangan standar profesi dari bidang yang diminati.
Jawab

Standarisasi Profesi TI SRIG-PS SEARCC
SEARCC (South Asia Regional Computer Confideration) merupakan suatu forum atau badan yang beranggotakan himpunan professional IT (Information Technology-Teknologi Informasi) yang terdiri dari 13 negara. SEARCC dibentuk pada Februari 1978, di Singapura oleh 6 ikatan computer dari Negara-negara tetangga seperti Hongkong, Indonesia Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.
Indonesia sebagai anggota SEARCC telah aktif turut serta dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh SEARCC. Salah satunya adalah SRIG-PS (Special Regional Interest Group on Professional Standarisation) yang mencoba merumuskan standarisasi pekerjaan dalam dunia teknologi informasi.
Model SEARCC untuk pembagian jobdalam lingkungan TI merupakan model 2 dimensi yang mempertimbangkan jenis pekerjaan dan tingkat keahlian ataupun tingkat pengetahuan yang dibutuhkan.
1.      Cross Country, cross-enterprise applicability : Ini berarti bahwa job yang diidentifikasi tersebut harus relevan dengan kondisi region dan setiap Negara pada region tersebut,serta memiliki kesamaan pemahaman atas setiap fungsi pekerjaan.
2.      Function Oriented bukan tittle oriented : Klasifikasi pekerjaan berorientasi pada fungsi, yang berarti bahwa gelar atau title yang diberikan dapat saja berbeda, tapi yang penting fungsi yang diberikan pada pekerjaan tersebut sama. Gelar atau title dapat berbeda pada Negara yang berbeda.
3.      Testable / certificable : Klasifikasi pekerjaan harus bersifat testable, yaitu bahwa fungsi yang didefinisikan dapat diukur / diuji.
4.      Applicable : Fungsi yang didefinisikan harus dapat diterakan pada region masing-masing.

Gambar 2 Model klasifikasi yang direkomendasikan
Sumber : dharakurniati.blogspot.co.id

Soal
Jelaskan sertifikasi di bidang IT yang kalian minati!
Jawab

Sertifikasi Di Bidang Internet
Sertifikasi yang dikeluarkan oleh Certified Internet Web Master (CIW). Jalur sertifikasi CIW ini sangat beragam mulai sertifikasi untuk pemula sampai master. Sertifikasi paling dasar yang sekaligus disyaratkan untuk mengambil sertifikasi untuk tingkat lebih lanjut adalah CIW Associates. CIW Associates adalah sertifikasiyang menguji penguasaan dasar teknologi Internet, seperti Web browser, FTP dan e-mail, Web page authoring menggunakan XHTML, dasar-dasar infrastuktur jaringan,dan manajemen proyek. Sertifikasi ini ditujukan bagi mereka yang bekerja sebagai business development, advertising, dan sales.

Jenjang berikutnya adalah CIW Profesional dan CIW Master. Untuk menjadi mendapat gelar master terdapat empat pilihan jalur spesialisasi, yaitu Master CIWDesigner, Master CIW Administrator, Master CIW Web Site Manager, dan Master CIW Enterprise Develper. Masing-masing jalur memiliki pilihan spesialisasi yang harus ditempuh. Sebelum mencapai tingkat master, Anda dapat meraih gelar CIW Profesional jika bisa melewati ujian CIW Associate dan salah satu spesialisasi yang dari empat jalur yang tersedia tersebut. Selain jalur tersebut, CIW juga memiliki beberapa pilihan sertifikasi khusus,seperti CIW Security Analist dan CIW Web Developer.




SUMBER REFENSI
URL : https://pengertiandefinisi.com/pengertian-modal-sumber-modal-dan-jenis-jenis-modal-perusahaan/, Pengertian Modal, Sumber Modal, dan Jenis-jenis Modal Perusahaan, akses 22 Mei 2017 pukul 08:25.
URL : https://id.wikipedia.org/wiki/Diferensiasi_produk, Diferensiasi Produk, akses 22 Mei 2017 pukul 08:45.
URL : http://ahyarsuhendar.blogspot.co.id/2009/10/marketing-and-finance-dictionary.html, Marketing And Finance Dictionary, akses 22 Mei 2017 pukul 08:50.
URL : http://www.gajimu.com/main/pekerjaan-yanglayak/kontrak-kerja/kontrak-kerja, Ketentuan Seputar Kontrak Kerja, akses 22 Mei 2017 pukul 08:56.
URL : https://id.wikipedia.org/wiki/Pengadaan, Pengadaan, akses 22 Mei 2017 pukul 09:05.
URL : http://pemerintah.net/pakta-integritas/, Penandatanganan Pakta Integritas, akses 22 Mei 2017 pukul 09:52.
URL : http://dharakurniati.blogspot.co.id/2012/02/profesi-di-bidang-teknologi-informasi.html, Profesi Di Bidang Teknologi Informasi, akses 22 Mei 2017 pukul 14:45.
URL : http://rinawatiamikimelda.blogspot.co.id/2015/06/sertifikasi-dan-jenis-jenis-sertifikasi.html, Sertifikasi dan Jenis-Jenis Sertifikasi di Bidang Teknologi Informasi, akses 22 Mei 2017 pukul 15:20.
URL : https://finance.detik.com/peluang-usaha/d-3221406/bisnis-casing-handphone-wanita-ini-bisa-raup-rp-100-jutabulan, Bisnis Casing Handphone, Wanita Ini Bisa Raup Rp 100 Juta/Bulan, akses 23 Mei 2017 pukul 10:35.
URL : https://www.blackxperience.com/blackinnovation/blackicon/afrizal-rahadian-sodiq-angkat-kekayaan-indonesia-lewat-batik-geek, Afrizal Rahadian Sodiq: Angkat Kekayaan Indonesia Lewat Batik Geek, akses 23 Mei 2017 pukul 10:35.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar