Jumat, 24 April 2015

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN


FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN


Setelah mencari di internet dari berbagai sumber, ternyata ada dua versi yang berbeda mengenai factor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Untuk lebih jelas lagi, berikut pembahasannya :


  1.  Posisi Kedudukan

Dalam kerangka pengambilan keputusan, posisi/kedudukan seseorang dapat dilihat dalam hal berikut:
  • Letak posisi Dalam hal ini apakah is sebagai pembuat keputusan (decision maker), penentu keputusan (decision taker) ataukah staf (staffer). 
  • Tingkatan posisi Dalam hal ini apakah sebagai strategi, policy, peraturan, organisasional, operasional, teknis.

Menurut pendapat saya, posisi kedudukan merupakan faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan, karena orang yang mempunyai kedudukan akan mempunyai kekuasaan sebagai penentu keputusan.

  2.  Masalah

Masalah atau problem adalah apa yang menjadi peng-halang untuk tercapainya tujuan, yang merupakan penyimpangan daripada apa yang diharapkan, direncanakan atau dikehendaki dan harus diselesaikan.

Menurut pendapat saya, orang yang mempunyai masalah akan tidak fokus dalam mengambil keputusan, kerena banyak pikiran atau memikirkan masalahnya.

  3.  Situasi

Situasi adalah keseluruhan faktor-faktor dalam keadaan, yang berkaitan satu sama lain, dan yang secara bersama-sama memancarkan pengaruh terhadap kita beserta apa yang hendak kita perbuat. Faktor-faktor itu dapat dibedakan atas dua, yaitu sebagai berikut:
  • Faktor-faktor yang konstan (C), yaitu faktor-faktor yang sifatnya tidak berubah-ubah atau tetap keadaanya.
  • Faktor-faktor yang tidak konstan, atau variabel (V), yaitu faktor-faktor yang sifatnya selalu berubah-ubah, tidak tetap keadaannya.

Menrut pendapat saya, situasi sesorang apakah dia sedang senang atau sedih atau galau akan mempengaruhi pengambilan keputusannya.

  4.  Kondisi

Kondisi adalah keseluruhan dari faktor-faktor yang secara bersama-sama menentukan daya gerak, daya ber-buat atau kemampuan kita. Sebagian besar faktor-faktor tersebut merupakan sumber daya-sumber daya.

Menurut pendapat saya, kondisi orang mempengaruhi pengambilan keputusan, kondisi ini seperti fisik, kedudukan, materi akan mempengaruhi keputusan yang akan diambil.



  1.  Fisik

Didasarkan pada rasa yang dialami pada tubuh, seperti rasa tidak nyaman, atau kenikmatan. Ada kecenderungan menghindari tingkah laku yang menimbulkan rasa tidak senang, sebaliknya memilih tingkah laku yang memberikan kesenangan.

Menurut pendapat saya, apakah fisik dalam keadaan sehat atau kurang baik akan memepengaruhi pengambilan keputusan.

  2.  Emosional

Didasarkan pada perasaan atau sikap. Orang akan bereaksi pada suatu situasi secara subjective.

Menurut pendapat saya, perasaan emosional akan mempengaruhi pengambilan keputusan, apakah orang merasa sedih atau senang.

  3.  Rasional

Didasarkan pada pengetahuan orang-orang mendapatkan informasi, memahami situasi dan berbagai konsekuensinya.

Menurut pendapat saya, pola pikir orang yang mengambil keputusan ini yang akan mempengaruhi pengambilan keputusan.

  4.  Praktikal

Didasarkan pada keterampilan individual dan kemampuan melaksanakan. Seseorang akan menilai potensi diri dan kepercayaan dirinya melalui kemampuanya dalam bertindak.

Menurut pendapat saya, sudah jelas seperti yang dijelaskan diatas, bahwa kemampuan atau keterampilan akan mempengaruhi pengambilan keputusan.

  5.  Interpersonal

Didasarkan pada pengaruh jaringan sosial yang ada. Hubungan antar satu orang keorang lainnya dapat mempengaruhi tindakan individual.

Menurut pendapat saya, saya setuju bahwa hubungan orang ke orang lain atau keadaan sosial akan mempengaruhi pengambilan keputusan.

  6.  Struktural

Didasarkan pada lingkup sosial, ekonomi dan politik. Lingkungan mungkin memberikan hasil yang mendukung atau mengkritik suatu tingkah laku tertentu.

Menurut pendapat saya, keadaan lingkungan mempengaruhi pengambilan keputusan, keadaan lingkungan keras maupun lingkungan pendidikan atau lain-lain akan berbeda dalam pengambilan keputusannya.




Referensi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar