Selasa, 28 April 2015

Tulisan Pengalaman Berkelompok

Soal
Setiap orang pasti pernah berada di dalam sebuah kelompok dengan tujuan yang sama, termasuk juga Anda. Ceritakanlah pengalaman Anda berada di dalam suatu kelompok, entah itu kelompok belajar ataupun kelompok bekerja, dan keputusan apa yang pernah Anda ambil untuk kelangsungan kelompok tersebut!




Saya akan sedikit menceritakan salah satu pengalaman saya, pada sebuah kelompok belajar. Pada saat itu saya masih duduk dibangku sekolah Madrasah Islam yang berada di kampung halaman saya yaitu Madura, Jawa Timur. Saya banyak belajar didalam madrasah terutama yang berhubungan dengan agama Islam. Pada waktu itu usai kenaikan kelas, pada masuk hari pertama saya dan teman-teman langsung diberi tugas untuk menghafal beberapa dari isi kitab, tapi yang jadi masalah adalah kami harus menciptakan sebuah lagu atau nada yang nantinya akan digunakan untuk menghafal agar lebih mudah.

          Selang beberapa lama kami terus mencari lagu atau nada yang cocok untuk mengahafal agar lebih mudah, guru kami pun menunggu dengan sabar karena pada saat itu juga kami harus mempresentasikannya didepan kelas. Banyak teman-teman yang masih berusaha untuk mencari nada yang cocok dan ada pula yang menyerah, bahkan ada pula yang tidak mengerjakan dan bermain-main.

          Dengan usaha yang terus-menerus pantang menyerah, akhirnya saya bisa mendapatkan sebuah lagu atau nada yang cocok untuk menghafal lebih cepat dan mudah. Tidak henti-hentinya saya terus mencoba untuk mengkombinasikannya dengan isi kitab agar bacaan dan nada bisa pas dan enak di dengar. Kalau menghafal bacaan yang bernada sebuah lagu, tentunya pasti akan mudah dan menyenangkan.

          Akhirnya waktu yang diberikan telah selesai, dalam satu kelas hanya saya yang mengajukan ide lagu ini, tentu saja saya disuruh mempresentasikan didepan kelas. Lagu atau nada yang saya idekan untuk sistem menghafal ini, terus dipakai untuk kami, bahkan setelah saya naik ke kelas berikutnya, saya masih mendengar lagu atau nada ini dipakai oleh adik kelas untuk menghafal.


          Sekian dari sedikit pengalaman saya, saya menceritakannya bertujuan untuk menyelesaikan tugas kuliah saya, dan semoga bisa bermanfaat J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar