Jumat, 27 Maret 2015

Cara Berkomunikasi Dengan Efektif

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tulisan

Bagaimana cara agar kita bisa berkomunikasi dengan efektif ?

KOMUNIKASI EFEKTIF

TEORI

Berikut ini ada beberapa teori menurut para ahli yang saya ambil dari berbagai sumber.

Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya “the communication is in tune” ,yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan. Menurut Jalaluddin dalam bukunya Psikologi Komunikasi menyebutkan, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tidakan.

Pengertian dan Arti Penting Komunikasi

TUGAS

SOAL
  1.  Jelaskan pengertian dan arti penting dari komunikasi ?

PENGERTIAN DAN ARTI PENTING KOMUNIKASI

A. PENGERTIAN KOMUNIKASI

Kata atau istilah komunikasi dari bahasa Inggris “communication”, secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan, ide, gagasan dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.

Senin, 19 Januari 2015

KOMUNIKASI,PERKEMBANGAN DAN KEPEMIMPINAN ORGANISASI

PENGERTIAN KOMUNIKASI

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi sering dilakukan yang merupakan kebutuhan yang mendasar bagi setiap manusia. Komunikasi secara verbal (lisan) terjadi pada saat seseorang dengan orang lain saling menyampaikan pesan/berdekatan , tetapi apabila berada dalam jarak yang jauh dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara untuk berkomunikasi. Istilah komunikasi dalam bahasa Inggris yakni communication. Pada dasarnya, secara etimologis kata komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu communication yang bersumber pada kata communis berarti milik bersama atau membagi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk membangun pengertian dan kebersamaan sedangkan secara terminologis, kata komunikasi merujuk pada proses penyampaian suatu pernyataan oleh pihak satu kepada pihak lain. Pengertian Komunikasi merupakan suatu proses ketika seseorang dengan orang lain saling menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lain/banyak pihak agar dapat terhubung dengan lingkungan sekitarnya.A.
Komunikasi organisasi dapat diartikan sebagai jenis komunikasi yang dilakukan memiliki ruang lingkup lebih besar. Komunikasi terjadi dalam penerimaan dan pengiriman berbagai informasi organisasi dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi. Selain itu, jenis komunikasi ini banyak dari tiap individunya yang memberikan pendapat yang berbeda, karena informasi yang disampaikan dari masing-maing individu memiiki makna yang berbeda.

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI

          1.      Sumber, Semua peristiwa komunikasi akan melinatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim ineormasi. Dalam komunikasi antarmanusia, sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi bisa juga dalam bentuk kelompok misalnya partai, organisasi atau lembaga.

Minggu, 07 Desember 2014

Konflik, Motivasi dan Pengaruh Kekuasaan

Pengertian Konflik

Konflik adalah adanya pertentangan yang timbul di dalam seseorang (masalah intern) maupun dengan orang lain (masalah ekstern) yang ada di sekitarnya. Konflik dapat berupa perselisihan (disagreement), adanya keteganyan (the presence of tension), atau munculnya kesulitan-kesulitan lain di antara dua pihak atau lebih. Konflik sering menimbulkan sikap oposisi antar kedua belah pihak, sampai kepada mana pihak-pihak yang terlibat memandang satu sama lain sebagai pengahalang dan pengganggu tercapainya kebutuhan dan tujuan masing-masing.
Menurut kamus besar bahasa Indonesia konflik adalah percekcokkan, perselisihan, pertentangan. Konflik berasal dari kata kerja bahasa latin yaitu configure yang berarti saling memukul. Secara Sosiologis konflik diartikan sebagai proses social antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.

Jenis dan Sumber Konflik

Menurut James A.F. Stoner dan Charles Wankel jenis-jenis konflik terbagi atas :
  1. Konflik intrapersonal.

Kamis, 20 November 2014

Teori Organisasi Umum "ORGANISASI"

Soal
    1.       Ada berapa tipe atau bentuk oraganisasi ? sebutkan dan jelaskan !
    2.      Apa yang di maksud dengan rentang kendali (Span Of Control) ?
    3.      Berikan contoh nyata struktur organisasi yang ada (satu saja) ? Analisalah ! 

1.     TIPE ATAU BENTUK ORGANISASI
Tipe organisasi dibedakan menjadi 2, yaitu tipe piramid dan tipe kerucut.
                a.     Tipe Piramida
                1.       Piramida Mendatar (Flat)
            Berikut adalah ciri-ciri dari piramida mendatar:
o   Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit
 o   Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak
 o   Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil.
                2.      Piramida Terbalik
Organisasi piramida terbalik adalah kebalikan dari tipe piramida terbalik adalah jumlah jabatan pimpinan lebih besar daripada jumlah pekerja. Organisasi ini hanya cocok untuk organisasi-organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional seperti organisasi-organisasi/ lembaga-lembaga penelitian, lembaga-lembaga pendidikan.

Rabu, 15 Oktober 2014

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

Pengertian Organisasi
Organisasi adalah sekelompok manusia yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Manajemen Dan Organisasi
            Manajemen adalah proses pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi dalam rangka menajemen maka harus ada organisasi.

Manajemen Dan Tata Kerja
            Hubungan antara menajemen dan tata kerja adalah: Manajemen menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan. Sedangkan tata kerja menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksaan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

Jumat, 06 Juni 2014

Tugas Terakhir IBD "Film Habibie Dan Ainun"

Film HABIBIE DAN AINUN Yang Diuraikan Dalam Empat Bab


Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya. Harapan bergantung paa pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh.

Film dengan judul Habibie dan Ainun ini di angkat dari kisah nyata yaitu kisah bapak Bj.Habibie dan istrinya yaitu ibu Ainun. Film ini menceritakan kehidupan bapak habibie dari waktu SMA sampai diangkat menjadi presiden negara Republik Indonesia. Pada saat kuliah Habibie pernah terkena penyakit TBC, karna penyakitnya Habibie pernah berjanji akan mengabdikan dirinya pada negara Indonesia, dengan berharap suatu hari nanti dia bisa membuat pesawat terbang sendiri untuk negaranya.

Bapak Bj Habibie mulai mengalami kesulitan dan beliau didatangi rasa kegelisahan, karena semakin banyak musuh yang dihadapi oleh Habibie. Sampai akhirnya harapan itu bisa terlaksana, tapi seperti pepatah mengatakan “Semakin pohon itu besar, semakin kencang tiupan angin yang menerpa”, tapi habibie tetap bertahan meski banyak godaan yang menerpanya. Pada akhirnya harapan itu bisa tercapai dengan kerja kerasnya habibie bisa menerbangkan pesawatnya dengan ditonton ribuan rakyat Indonesia dan bapak presiden soeharto.

Setelah tercapainya harapan itu, bapak Habibie dipercaya dan diangkat sebagai wakil presiden Republik Indonesia. Setelah bapak presiden Soeharto turun dari tahtanya, bapak Habibie diangkat sebagai presiden Republik Indonesia. Dengan penuh tanggung jawab beliau menerima tanggung jawab yang dipercayakannya, beliau berusaha untuk membangun bangsa Indonesia dan bekerja mati-matian, hingga sang ibu Ainun memarahinya karna pekerjaannya bapak Bj Habibie tidak memperhatikan kondisi kesehatannya.

Sebab-sebab terjadinya harapan pada film Habibie Ainun pada paragraf diatas sudah dibahas yaitu Habibie terjangkit penyakit TBC dan mungkin kecintaannya terhadap negara Indonesia. Harapan itu bisa terjadi karna kerja keras dan dukungan dari sang istri yang membuat Habibie tidak putus asa.